Sunday, September 20, 2009

Beasiswa Erasmus Mundus untuk Master dan Doktor

Salam,

Komisi Eropa telah mengeluarka daftar terbaru dari program beasiswa Erasmus Mundus untuk tahun 2009/2010. Pendaftaran biasanya dibuka mulai pada bulan september dan berakhir pada bulan januari, tergantung dari konsorsium masing masing program. Beberapa program Erasmus Mundus juga memiliki batas akhir pada bulan februari dan maret. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada web program masing masing sesuai dengan minat, disiplin dan ketertarikan ilmu atau jurusan.

Pada tahun ini juga telah dibuka beasiswa Erasmus Mundus untuk program PhD atau Doktoral. Daftarnya juga dapat dilihat pada tautan website berikut ini.

Daftar Program Beasiswa Master Erasmus Mundus 2009/2010
http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_master_courses_en.php

Daftar Program Beasiswa Doktoral Erasmus Mundus 2009/2010
http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_action_1_joint_doctorates_en.php

Cukup banyak bidang bidang studi yang sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia,  dari kehutanan, sampai ilmu teknologi. Selain itu Beasiswa Erasmus Mundus ini merupakan salah satu program unggulan Uni Eropa yang diilhami oleh suksesnya program Erasmus Soktrates. Dibandingkan dengan program program beasiswa yang ditawarkan oleh negara lain (bahkan beasiswa khusus dari negara eropa tertentu), Erasmus Mundus memliki prosedur seleksi yang sangat sederhana, tidak ada wawancara, tanpa dokument administrasi yang banyak dan jumlah nominal yang sangat besar, bukan cukup besar tapi sangat besar.

Ayo berlomba lomba mendaftar, sudah sangat banyak informasi yang tersedia mengenai beasiswa ini. Kalau masih tetap bingung mencari informasi kontak saja kapanpun, Insya Allah akan saya jawab sesuai dengan pengetahuan informasi saya.

Salam
Selamat Hari Raya Idhul Fitri. Mohon Maaf Lahir dan Bathin


No comments: